NOMENKLATUR PROGRAM STUDI VOKASI BIDANG PENERBANGAN TELAH DISAHKAN OLEH KEMENRISTEKDIKTI, PPSDMPU SIAPKAN KURIKULUM dalam MENYONGSONG ARAH BARU PENDIDIKAN VOKASI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

NOMENKLATUR PROGRAM STUDI VOKASI BIDANG PENERBANGAN TELAH DISAHKAN OLEH KEMENRISTEKDIKTI, PPSDMPU SIAPKAN KURIKULUM dalam MENYONGSONG ARAH BARU PENDIDIKAN VOKASI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

IACNews, Tangerang 22 Maret 2019 10.05 WIB

Setelah menyelesaikan tahapan gelaran Penyusunan Kurikulum Program Studi Vokasi bidang penerbangan pada Kamis-Sabtu, 14-16 Februari 2019 di Hotel Santika, Pandegiling, Surabaya, PPSDMPU melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura kembali menggelar kegiatan yang sama di Hotel Atria, Serpong, Tangerang, Banten. Kegiatan yang dimulai sejak Kamis tanggal 21 Maret 2019 dan akan berakhir pada Sabtu tanggal 23 Maret 2019 merupakan gelaran lanjutan yang telah banyak menghasilkan konten akademik secara progresif terkait capaian pembelajaran pendidikan vokasi bidang penerbangan. Indikator awal atas hasil gelaran ini adalah persetujuan daftar nama program studi terutama program studi pendidikan vokasi pada perguruan tinggi bidang penerbangan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI Nomor 46/B/HK/2019 tanggal 22 Februari 2019. Dalam Keputusan, terlampir berturut-turut Rumpun Ilmu Terapan (Profession and Applied Sciences) huruf F nomor 33 bagian Teknik atau Rekayasa Dirgantara dan nomor 51 bagian Transportasi (Transportation) tercantum nama program studi vokasi bidang penerbangan, yaitu Program Studi: Aeronautika, Motor Pesawat, Sistem Elektronika Pesawat, Teknologi Bandar Udara, Teknologi Navigasi Udara, Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, Teknologi Rekayasa Aeronautika, Teknologi Rekayasa Bandar Udara, Teknologi Rekayasa Navigasi Udara, Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Pesawat Udara, Teknologi Rekayasa Sistem Kedirgantaraan, Teknologi Sistem Kedirgantaraan, Manajemen Bandar Udara, Manajemen Pemanduan Lalu Lintas Udara, Manajemen Transportasi Udara, Studi Aeronautika dan Studi Aviasi.

Penerbitan daftar nama program studi vokasi khususnya di bidang penerbangan oleh Kemenristekdikti merupakan langkah terpadu yang dilakukan pemerintah dalam rangka pengelolaan penyelenggaraan pendidikan secara berkualitas dan terukur. Pada tahun ke depan, nomenklatur program studi yang telah disahkan menjadi bagian penting dalam rekam jejak manajemen pendidikan di Indonesia.

Korelasi dengan kegiatan yang bertahap ini, konsentrasi PPSDMPU adalah menyiapkan kurikulum penerbangan secara terintegrasi dalam menyongsong arah baru pendidikan vokasi di bidang penerbangan sehingga mampu menyesuaikan diri terhadap tren di era revolusi industri 4.0. (jkforiac)

Share this post