MEMENUHI TUNTUTAN PERUBAHAN INDUSTRI PENERBANGAN, PUSAT PENGEMBANGAN SDM PERHUBUNGAN UDARA MEROMBAK KURIKULUM PROGRAM STUDI PERGURUAN TINGGI VOKASI PENERBANGAN

MEMENUHI TUNTUTAN PERUBAHAN INDUSTRI PENERBANGAN, PUSAT PENGEMBANGAN SDM PERHUBUNGAN UDARA MEROMBAK KURIKULUM PROGRAM STUDI PERGURUAN TINGGI VOKASI PENERBANGAN

IACnews, Surabaya. 15 Februari 2019 15.41 WIB

Setelah sukses melaksanakan gelaran awal tahun 2019 tentang Sosialisasi Peraturan KEMENRISTEKDIKTI pada tanggal 21-22 Januari 2019 di Hotel Ibis Serpong, Tangerang, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (PPSDMPU) melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BP2 Penerbang) Banyuwangi selaku pengelola kegiatan kembali menyelenggarakan gelaran nasional berupa Penyusunan Kurikulum Prodi Perguruan Tinggi Vokasi Penerbangan, yang berlokasi di Hotel Santika, Pandegiling, Surabaya. Acara yang mengundang seluruh pihak yang terkait dan berkomitmen terhadap perubahan kurikulum ini telah dimulai sejak Kamis, 14 Februari 2019 dan akan berakhir pada Sabtu,16 Februari 2019.

Gelaran Penyusunan Kurikulum oleh Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara di Hotel Santika, Pandegiling, Surabaya. 14-16 Februari 2019.

Peserta yang hadir dan berpartisipasi adalah berasal dari seluruh perguruan tinggi matra udara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) serta para pemangku kepentingan yang sekaligus praktisi di bidang penerbangan. Tampak hadir pula perwakilan alumni sebagai representatif suara seluruh alumnus penerbangan yang tergabung dalam Ikatan Alumni Curug. Di antaranya para alumnus yang bekerja di Kementerian Perhubungan (aviation regulator), PT. Garuda Indonesia (airlines operator), PT. Angkasa Pura 1 dan PT. Angkasa Pura 2 (airport operator). Narasumber KEMENRISTEKDIKTI yang menjadi pendamping dalam penyusunan kurikulum ini adalah Prof. Ir. Noor, Prof. Ir. Gatot, Dr. Megawati Santoso, Ir. R. Desutama, M.Sc dan Ir. Endrotomo, M.Sc.

Sesi foto bersama para narasumber KEMENRISTEKDIKTI, Praktisi Penerbangan dan Pengelola Program Studi Perguruan Tinggi Vokasi Penerbangan dalam Gelaran Penyusunan Kurikulum Program Studi Vokasi Penerbangan. Bertempat di Hotel Santika, Pandegiling, Surabaya.14-16 Februari 2019.

Perubahan kurikulum dalam perguruan tinggi program studi vokasi penerbangan ini disusun karena latar belakang pemutakhiran nomenklatur program studi di KEMENRISTEKDIKTI. Terdapat enam program studi yang akan disosialisasikan kepada masyarakat terutama komunitas penerbangan yang intens mengikuti perkembangan teknologi khususnya bidang pesawat udara, bandara maupun navigasi udara. Keenam program studi yang telah disepakati oleh para pakar adalah sebagai berikut.
1. Program Studi Aviasi dan Studi Aeronautika;
2. Progam Studi Teknologi Bandar Udara (TBU);
3. Program Studi Teknologi Rekayasa Bandar Udara (TRBU);
4. Program Studi Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU);
5. Program Studi Teknologi Rekayasa Pesawat Udara (TRPU); dan
6. Program Studi Manajemen Bandar Udara (MBU).
Selain keenam program studi di atas, masih tersedia dua bidang kompetensi yang juga telah disepakati para pakar untuk dikembangkan, yaitu kompetensi bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara dan kompetensi bidang Navigasi Udara. Gelaran penyusunan kurikulum terhadap kedua bidang kompetensi akan dibahas pada tahap selanjutnya. Adapun tahapan target yang ingin dicapai dalam periode saat ini ialah penyempurnaan indikator capaian pembelajaran sampai dengan bahan kajian yang menjadi rujukan dalam penetapan mata kuliah baru di era revolusi industri 4.0.
Semoga, tujuan PPSDMPU dalam penyusunan kurikulum ini sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan oleh seluruh industri penerbangan. (jkforiac).

Share this post